fbpx
en +62 819-4930-5465 support@amabeltravel.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login
en +62 819-4930-5465 support@amabeltravel.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

15 Tempat Wisata di Sulawesi Tengah

Sulawesi Tengah adalah sebuah provinsi di bagian tengah Pulau Sulawesi, Indonesia. Ibu kota provinsi ini adalah Kota Palu. Luas wilayahnya 61.841,29 km², dan jumlah penduduknya 2.831.283 jiwa (2014). Sulawesi Tengah memiliki wilayah terluas di antara semua provinsi di Pulau Sulawesi, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Pulau Sulawesi setelah provinsi Sulawesi Selatan.

Sulawesi tengah juga merupakan salah satu provinsi di indonesia yang dilalui oleh garis khatulistiwa maka dari itu banyak sekali bisa kita temui berbagai macam objek wisata bertemakan alam di daerah ini.
Kira-kra, ada tempat menarik apa aja ya di Sulawesi Tengah? Daripada kalian penasaran, Yuk baca Review 15 Tempat Wisata Menarik di Sulawesi Tengah yang patut untuk kalian kunjungi:

 

 

  1. Pusentasi

 pusentasi

Tempat wisata ini terdapat di Desa Towale, sekitar 12 kilometer dari Kota Palu. Pusentasi berasal dari bahasa Kaili yang berarti pusar air laut atau air sumur laut. Pusar air laut adalah sebuah gua yang masih terhubung dengan laut oleh beberapa saluran yang tersembunyi. Sumur air laut terletak di daratan tapi airnya terasa asin dan jernih sehingga pengunjung dapat melihat ikan-ikan berenang di dalamnya.

 

  1. Pantai Talise

talise

Pantai Talise adalah salahsatu Pantai paling popular yang ada di kota Palu. Karena selain tidak memerlukan biaya, lokasinya juga cukup mudah untuk dicapai yaitu di tengah kota Palu dan akses jalan yang sudah bagus. Keberadaanya yang dekat dengan pusat kota menjadikan pantai ini banyak dikunjungi oleh pendatang maupun masyarakat sekitar. Berkunjung di siang hari agak kurang cocok, karena cuaca di Palu umumnya terik dan angin bertiup sangat kencang.

 

  1. Jembatan Palu

jembatan palu

Adalah suatu landmark yang menjadi ikon utama kota Palu. Tempat ini paling sering dikunjungi wisatawan yang hobi berfoto. Biasanya foto-foto keindahan jembatan kuning Talise ini dilakukan malam hari. Jembatan ini diresmikan pada Mei 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan ini membentang di atas Teluk Talise ini berada di kelurahan Besusu dan Lere, yang menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Barat. Jembatan kuning ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah di negara Jepang dan Perancis.

 

  1. Gunung Gawalise

gunung-gawalise

Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.023 meter di atas permukaan laut (dpl) ini berdiri di kawasan hutan tropis dan dihuni oleh suku Da’a, sub etnis suku Kaili. Suku ini tersebar di beberapa desa yang terdapat di kawasan gunung tersebut. Selain tempat pendakian, Gunung Gawalise juga kerap menjadi tempat observasi bagi para ilmuwan yang ingin meneliti berbagai jenis flora dan fauna. Salah satu jenis flora yang dapat ditemukan di sana adalah bunga abadi (edelweiss) atau yang mempunyai nama latin anaphalis javanica.

  1. Cagar Alam Morowali

 morowali

Wilayah taman nasional ini meliputi pulau-pulau yang terdapat di kawasan teluk, kawasan dataran rendah dan daerah pegunungan dengan ketinggian mencapai 2.421 meter. Dalam kawasan cagar alam ini hidup masyarakat tradisional suku Wana yang belum mengenal kehidupan modern dan hidup dengan berburu dan melakukan perladangan berpindah. Kawasan cagar alam ini merupakan habitat sejumlah hewan seperti anoa, burung maleo, babi rusa dan sejenis kelelawar terkecil di dunia.

 

  1. Pantai Tanjung Karang

pantai-tanjung-karang

Untuk mencapai obyek wisata Tanjung Karang dapat ditempuh dari kota Palu dalam waktu kurang dari 1 jam atau sekitar 35 kilometer dengan menggunakan mobil atau motor. Tanjung Karang di Sulawesi Tengah ini memiliki pasir putih dan sangat cocok untuk tempat berenang dan berjemur. Bahkan wisatawan juga dapat melakukan snorkeling dan diving, yang telah tersedia persewaan peralatannya.

 

  1. Taman Nasional Lore Lindu

lore-lindu

Kawasan ini membentang dari Kabupaten Donggala Palu dan wilayah Poso Sulawesi Tengah. Beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi di dalamnya yaitu: Lembah Besoa untuk Melihat habitat maleo dan batu megalit. Danau Lindu sebagai tempat bersampan dan pengamatan satwa burung. Lembah Saluki, Lembah Bada, Lembah Napu untuk melihat berbagai batu megalit. Gunung Nokilalaki, Gunung Rorekatimbo, dan sungai Lariang sebagai obyek wisata menarik untuk pendaki gunung dan arung jeram. Dan yang terakhir adalah danau Lewuto.

 

  1. Tugu Perdamaian

SIMBOL PERDAMAIAN DUNIA

Tempat wisata ini lokasinya di Jalan Soekarno Hatta Palu, tepatnya di bukit Jabal Nur, dengan ketinggian di atas 1000 kaki di atas permukaan laut. Akses jalan menuju Tugu Perdamaian tersebut sebagian masih rusak dan berdebu. Di dalamnya terdapat Gong Perdamaian Nusantara, yaitu Gong yang berdiameter kira-kira dua meter dan terbuat dari perunggu dengan berat mencapai satu ton. Di Lokasi ini akan dibangun beberapa objek rekreasi seperti bumi perkemahan, lokasi konser, ATV Track, arena balap motor cross, pasar indsutri untuk kerajinan lokal Sulawesi Tengah, lapangan olahraga tembak, serta taman hijau.

 

  1. Danau Poso

danau poso

Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan panjang 32 km dan lebar 16 km. merupakan salah satu danau terindah di dunia dengan pasir putih yang terdapat pada tepi sampai di dasar Danau. Danau poso terletak di kecamatan Pamona Utara dengan ibu kota Tentena, Palu, Sulawesi Tengah. Di sini terdapat ikan Sugili yang sekarang populasinya hampir punah yang disebabkan oleh semakin bertambahnya penduduk. Di beberapa tempat, anda juga bisa menjumpai sekumpulan batu besar yang muncul dari dalam danau, seakan seperti sebuah kompleks batu yang terapung. Masyarakat setempat menamai kompleks batu tersebut dengan sebutan Watu Ngonggi dan Watu Asa Mpangasa Angga, yang berarti sekumpulan batu yang bisa mengeluarkan bunyi jika dipukul.

 

  1. Kepulauan Togean

 Togean-Island

Selain Danau Poso, objek wisata utama lainnya di Poso Sulawesi Tengah adalah Laut Togean di Kecamatan Tojo UnaUna. Perjalanan menuju Togean dapat ditempuh 4 jam jalan darat yang dilanjutkan naik perahu motor. Objek wisata yang eksotis ini merupakan surga bagi wisatawan, karena alam bawah lautnya yang dihuni dengan berbagai karang tropis dalam ukuran jumbo serta berbagai spesies ikan hias dan kepiting kenari.

 

  1. Pulau Kadidiri

 Pulau-Kadidiri

Terletak tidak jauh dari Wakai merupakan pusat kunjungan wisata di Kepulauan Togean. Pulau Kadidiri merupakan pulau paling populer di kalangan wisatawan karena pantainya sangat bagus dengan lokasi snorkeling dan menyelam yang sangat prima. juga tersedia banyak penginapan murah dan di sebelah barat pantai terdapat deretan batu karang terjal yang menjadi habitat kepiting karang.

 

  1. Pulau Pasoso

 pulau pasoso

Pulau pasoso dikenal juga oleh masyarakat lokal sebagai pulau penyu hijau, karena keberadaan habitat dari hewan unik ini. Pulau pasoso sendiri terletak di kecamatan balaesang, kabupaten donggala dan kebanyakan dikunjungi pada bulan september dan november setiap tahun oleh pengunjung yang ingin melihat penyu bertelur.

 

  1. Air Terjun Saluopa

air-terjun-saluopa

Air Terjun Saluopa ini adalah airterjun bertingkat dengan 2 susun yang menyajikan pemandangan air terjun yang sangat indah. Lokasi wisata Air Terjun ini berada di suatu kawasan hutan dekat Tentena di mana terdapat sejumlah jeram, air terjun dan beberapa kolam dengan airnya yang bening sejernih kristal. Air Terjun Sulewana terletak 12 kilometer dari Tentena. Untuk mencapai tempat ini wisatawan dapat menempuh dengan kendaraan lalu berjalan kaki sejauh 3 kilometer.

 

  1. Pulau Lutungan

pulau luntungan

Pulau Lutungan ini berjarak 456 kilometer dari Palu dengan jalan darat, lalu dilanjutkan dengan naik perahu selama 25 menit dari Pelabuhan Tanjung Batu. Pulau ini terletak di arah barat Toli-Toli Sulawesi Tengah yang dikelilingi air dan pantai berpasir putih. Pulau ini dianggap keramat dan banyak dikunjungi masyarakat dengan tujuan mencari berkah. Caranya dengan menancapkan pelepah kelapa ke dalam tanah lalu mencabutnya. Bila pelepah menjadi pendek, berarti permintaan ditolak, sebaliknya bila menjadi panjang berarti permintaan diterima.

  1. Museum Sulawesi Tengah

museum sulteng

Museum Sulawesi Tengah ini terletak di tengah kota Palu. Di sini anda bisa melihat koleksi gajah purba dan bagaimana masyarakat Sulawesi Tengah jaman dulu meramu, membuat kain dari kulit dan sebagainya. Bila anda penasaran dengan budaya dan asal usul nenek moyang kota ini, maka anda di sarankan datang ke Museum Sulawesi Tengah.

 

 

#di ambil dari berbagai sumber

About the author

Amabel Travel adalah perusahaan jasa Tour & Travel yang berpusat di Pulau Belitung. Amabel Travel menyediakan berbagai pilihan paket wisata yang ada di seluruh Indonesia. Ciptakan momen liburan indah anda bersama kami.
3 Responses
  1. milaNo Gravatar

    Pantainya keren-keren banget kak, kayaknya lebih seru lagi kalau bisa main surfing.Jadi untuk kalian mendapatkan informasi surfing mengenai surfing di g-land.us

Leave a Reply

This site is using OpenAvatar based on