5 Tips Membeli Oleh-oleh Saat Traveling

ptravel-shop

Membeli oleh-oleh seakan kegiatan wajib saat melakukan wisata. Namun tidak semua orang mahir dalam hal ini. Seringkali kegiatan membeli oleh-oleh yang seharusnya hal menyenangkan sebagai pengalaman berwisata, malah seakan menjadi kewajiban yang merepotkan.

Seperti dikutip dari data yang dipaparkan CNN Travel, pada tahun 2013, wisatawan dunia menghabiskan total 2,3 milyar dolar AS (sekitar Rp 26,8 triliun ) pada oleh-oleh yang seringnya berujung dengan tak dihiraukan, tidak dipakai, tidak dihargai, tidak disukai, atau dijejalkan di bawah lemari dan tidak pernah dilihat lagi.

Lebih parahnya, pelancong menghabiskan 427 juta jam mencemaskan pembelian barang-barang kecil yang tidak berguna. Ada cara cerdik untuk meningkatkan kualitas pembelian oleh-oleh. Berikut kiatnya.

  1. Rencanakan anggaran

Fashion and lifestyle brand Cuyana's summer 2014 campaign shot in Bali by Photographer Jamie Beck, modeled by Anastasia Krivosheeva
Membeli oleh-oleh termasuk biaya pengeluaran dari perjalanan Anda. Ada baiknya, Anda merencanakan anggaran biaya terlebih dulu sebelum membeli oleh-oleh. Setelah itu, pisahkan uang untuk membeli oleh-oleh dari biaya perjalanan Anda.

Tak hanya itu, ada baiknya Anda memisahkan biaya antara oleh-oleh untuk koleksi dan oleh-oleh untuk teman. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memisahkan kedua anggaran tersebut di dalam dompet Anda.

  1. Cari informasi tempat belanja

cari-tempat-belanja

Ada banyak tempat untuk belanja oleh-oleh, seperti mal dan pedagang-pedagang di pinggir jalan. Sebelum belanja, sebaiknya Anda bertanya kepada masyarakat sekitar tentang pusat oleh-oleh terutama yang murah.

Anda bisa bertanya kepada petugas hotel tempat Anda menginap atau kepada masyarakat sekitar yang ada temui. Dapatkan informasi yang akurat. Ingat, jangan bertanya pada satu orang saja. Lebih banyak informasi lebih baik.

 

  1. Tentukan siapa saja yang akan Anda bawakan oleh-oleh

tentukan-oleh2
Setelah menyusun anggaran biaya kini buatlah catatan siapa saja yang akan Anda bawakan oleh-oleh. Bukannya ‘pilih kasih’, tapi hal itu juga berpengaruh terhadap bujet dan anggaran Anda selama traveling.

Buatlah daftar orang yang akan Anda bawakan buah tangan seteliti mungkin. Jangan sampai orang spesial Anda tertinggal ya!

 

  1. Menawar
    tawar-menawar

Inilah ilmu yang harus Anda gunakan saat belanja oleh-oleh, yaitu menawar. Tawarlah barang incaran Anda sampai Anda mendapat harga yang diinginkan. Keluarkan ilmu tawar menawar Anda dan juga gunakan bahasa lokal agar lebih murah.

Selain itu, ada kalanya juga Anda cermat dalam menentukan pilihan. Oleh-oleh seperti gantungan kunci memiliki harga yang jauh lebih murah daripada kaus bergambar. Carilah barang yang murah namun bisa dinikmati oleh teman-teman Anda.

 

  1.  Jika makanan atau minuman, perhatikan kemasan dan tanggal kadaluarsanya

experied-food
Makanan dan minuman khas suatu daerah memiliki rasa yang unik dan berbeda. Apalagi jika dijadikan oleh-oleh, dijamin teman-teman Anda akan suka.

Untuk itu, perhatikan tanggal kadaluarsa dan juga kemasan makanan atau minuman tersebut. Pilihlah tanggal kadaluarsa yang masih jauh-jauh hari dari tanggal Anda membeli.

 

#di ambil dari berbagai sumber

About Author

client-photo-1
amabel
Amabel Travel adalah perusahaan jasa Tour & Travel yang berpusat di Pulau Belitung. Amabel Travel menyediakan berbagai pilihan paket wisata yang ada di seluruh Indonesia. Ciptakan momen liburan indah anda bersama kami.

Comments

Tinggalkan Balasan

This site is using OpenAvatar based on