15 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat

gili-trawangan-3-gili

Nusa Tenggara Barat atau biasa dikenal dengan nama NTB adalah sebuah Propinsi di timur Indonesia, letaknya berada di tengah-tengah antara Propinsi Bali dan Tetangganya yaitu Propinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT.

Jika anda mendengar NTB yang ada di benak anda pertama kali pastilah Pulau Lombok yang Eksotis itu. Memang tidak bisa di pungkiri jika Pulau Lombok adalah salah satu Pulau Paling terkenal akan keindahan alam serta budayanya dan Berkontribusi besar bagi kemajuan Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Tetapi selain pulau Lombok yang terkenal itu, masih banyak lagi pulau lain yang bagus dan terkenal di Propinsi Nusa Tenggara Barat, contohnya saja Pulau Moyo, Pulau Sumbawa dan Gili-Gili Lainnya.

Jika anda berniat untuk berlibur ke Nusa Tenggara Barat ( NTB ) pastikan anda telah memiliki jadwal dan rekomendasi tempat mana saja yang nantinya akan anda datangi, karena di Propinsi ini banyak sekali tempat wisata menarik yang patut untuk kalian kunjungi.

Dan berikut ini adalah 15 Tempat Wisata Menarik Yang Ada di Nusa Tenggara Barat ( NTB )


  1. Gunung Rinjani

rinjani

 

Gunung Rinjani adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang resmi ditetapkan statusnya sebagai taman nasional, yakni sebuah ekosistem yang dilindungi pemerintah Indonesia dengan karakter hutan hujan pegunungan dan savana.

Luas areal taman nasional ini adalah sekitar 40 ribu hektar. Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok bagian Utara dengan ketinggian 3,726 meter dpl, dan adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci.

Gunung Rinjani memiliki kawah yang luas, terdapat sebuah danau kawah yang disebut Danau Segara Anak. Menurut keyakinan masyarakat setempat, jika Danau Segara Anak terlihat luas, maka itu adalah pertanda bahwa usia orang yang melihatnya masih panjang. Sebaliknya jika tampak sempit, maka menandakan orang yang melihatnya berusia pendek. Disarankan untuk melakukan bersih diri dan berjiwa tenang sebelum memandang kembali Danau Segara Anak. Danau ini dapat digunakan juga sebagai tempat memancing.

  1. Air Terjun Mata Jitu

mata-jitu

Air Terjun Mata Jitu atau dikenal juga dengan nama Air Terjun Lady Diana adalah salah satu obyek wisata terkenal yang ada di Pulau Moyo, Letaknya berada di Dusun Oiramu, Desa Labuhan Aji, Kecamatan Labuhan Badas,Kabupaten Sumbawa. Dinamakan demikian karena air terjun ini pernah dikunjungi oleh Lady Diana. Tidak hanya berkunjung, ia pun sempat mandi di bawah guyuran air terjun yang sangat jernih. Aliran air di tempat ini sangat tenang dan berwarna hijau ke biruan.

Di sekitar air terjun ini terdapat 7 kolam yang tidak boleh digunakan untuk mandi dan berenang. Namun Anda tidak perlu kecewa karena pihak pengelola sudah menyiapkan spot khusus yang disediakan untuk wisatawan yang ingin mandi dan berenang di sini.

Air Terjun Mata Jitu Pulau Moyo dapat ditempuh menggunakan sepeda motor atau ojek dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dari Desa Labuan Aji. Jangan khawatir, sepanjang perjalanan Anda akan disiguhi oleh pemandangan alam hutan dan perkebunan jambu mete warga setempat.

 

  1. Pantai Ai Manis

pantai ai manis

Pantai Ai Manis terletak di sebelah Selatan daratan Pulau Moyo. Untuk menuju ke sana, ada beberapa akses pemberangkatan, diantaranya  melalui Labuhan Sumbawa, Tanjung pasir, pantai Kencana maupun Ai Bari Kecamatan Moyo Utara.

Jika berangkat dari Tanjung pasir memerlukan waktu normal sekitar 20 menit dengan menggunakan kapal motor, sedangkan dari pantai Kencana atau Labuhan Sumbawa memerlukan waktu sekitar 60 menit. Namun jika anda ingin lebih berhemat, anda bisa berangkat dari Ai Bari Kecamatan Moyo Utara sekitar 2 km sebelah Utara kota Sumbawa Besar.

Sebelumnya jika anda berada di Sumbawa Besar, anda dapat menuju Ai Bari dengan berbagai alternatif transportasi, baik itu menggunakan ojek ataupun dengan menyewa mobil.

 

  1. Rumah Adat Sade

sade

Dusun Sade berada di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Masyarakat yang menghuni dusun ini adalah penduduk dari Suku Sasak, yakni komunitas yang masih memegang teguh adat tradisi Lombok hingga kini.

Sistem sosial dan kehidupan keseharian masyarakat di Dusun Sade masih sangat kental dengan tradisi Sasak zaman dulu. Oleh karenanya, Dusun Sade ditetapkan sebagai desa wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Karakteristik rumah penduduk dibangun dari bambu dengan atap yang berasal dari daun alang-alang. Di tempat ini, rumah adat khas Sasak masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik.

 

  1. Pantai Senggigi

senggigi-beach

Ini adalah tempat wisata di Lombok yang paling terkenal. Pantai Senggigi di Lombok memiliki keindahan pantai yang menawan hati. Banyak wisatawan luar negeri yang datang ke pantai ini. Pantai Senggigi menjelma menjadi salah satu tempat menarik di Lombok dengan pemandangan garis pantainya yang panjang, sungguh menawan bila dipandang dari kejauhan dan ketinggian.

Dengan garis pantai yang panjang dan tegas, Pantai Senggigi Lombok menyuguhkan gradasi warna pasir pantai dari hitam ke putih. Air lautnya memiliki ombak yang tidak besar, jernih, dan bersih. Hal-hal inilah yang membuat Pantai Senggigi di Lombok menjadi salah satu tempat wisata favorit bagi para wisatawan mancanegara.

 

  1. Pantai Kuta

pantai_kuta_lombok

Ini bukanlah pantai Kuta yang ada di Bali, melainkan sebuah pantai indah yang terletak di arah selatan Pulau Lombok. Pantai Kuta Lombok adalah salah satu dari sejumlah tempat menarik di Lombok yang menawan.

Secara geografis kawasan pantai ini dikelilingi oleh alam perbukitan. Selain itu, Pantai Kuta Lombok memiliki pasir pantai yang putih dan secara umum belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jangan heran jika pantai ini terasa sepi manakala Anda mengunjunginya.

Pantai Kuta di Lombok secara administratif berada di Desa Kuta, lokasinya tak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Rute perjalanan ke Pantai Kuta Lombok jika ditempuh dari Senggigi akan memakan waktu kurang lebih 1.5 jam. Anda akan melewati Kota Mataram jika mengambil rute perjalanan Senggigi – Pantai Kuta.

 

  1. PinkBeach

pink-beach

Pantai Pink di Pulau Lombok telah terkenal hingga ke mancanegara. Pantai ini termasuk dalam satu dari tujuh pantai di dunia yang mempunyai pasir berwarna merah muda. Akan tetapi, Pantai Pink di Pulau Lombok bukanlah satu-satunya di Indonesia. Di Provinsi Nusa Tenggara Timur sekitar 30 menit perjalanan laut dari Pulau Komodo juga terdapat sebuah pantai yang berwarna pink.

Sampai dengan saat ini, belum dapat diketahui secara pasti penyebab Pantai Pink di Pulau Lombok memiliki pasir yang berwarna merah muda. Ada sebagian pendapat yang menyatakan bahwa warna pink tersebut akibat dari perpaduan antara pasir putih dan serpihan karang berwarna merah. Terkadang karang tersebut dapat ditemukan di areal pantai. Namun ada  juga yang berpendapat bahwa warna pink tersebut berasal dari hewan mikroskopik yang memproduksi warna pink kemerahan. Hewan tersebut bernama foraminifera. Apapun penyebab warna pink pada pasir di pantai ini, yang pasti keindahan Pantai Pink di Pulau Lombok memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga mereka berkeinginan untuk berekreasi ke tempat wisata ini.

 

  1. Pura Batu Bolong

pura-batu-bolong lombok

Tempat Wisata di Pulau Lombok yang juga sudah terkenal adalah Pura batu Bolong. Pura Batu Bolong berdekatan dengan lokasi wisata Pantai Senggigi. Dinamakan Pura Batu Bolong karena di tempat ini berdiri sebuah pura diatas batu karang yang besar. batu karang ini memiliki lubang di bawahnya. Jadi gambaran umumnya Pura Batu Bolong ini seperti Pura Tanah Lot di bali. Pemandangan Pura Batu Bolong akan nampak lebih dramatis apabila pada saat matahari terbit atau tenggelam di sore hari.

 

  1. 3 Gili

gili-trawangan-3-gili

Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan atau biasa Disebut juga sebagai tiga pulau eksotis di Lombok yang menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan mancanegara. Gili Trawangan terletak di bagian barat Lombok ini memiliki air laut yang bening dan jernih, pasir putih yang bersih, terumbu karang, serta aneka ikan hias yang menawan.

Banyak sekali wisatawan yang datang ke gili ini untuk menikmati keindahan pantai dengan berenang, snorkeling, dan berjemur. Tersedia banyak fasilitas publik yang lengkap di tempat wisata Lombok yang satu ini, di antaranya hotel dan penginapan, restoran, cafe, diskotik, dan tempat ibadah. Dari daratan Lombok, perjalanan menuju 3 gili ini akan memakan waktu sekitar 30 menit.

 

  1. Tanjung Aan

Tanjung_Aan

Untuk sampai di Pantai Tanjung Aan ini, Anda akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam perjalanan dari Kota Mataram.

Pasir putih yang bersih serta air laut yang kebiruan dan jernih adalah salah satu karakteristik di tempat wisata Lombok ini. Secara geografis, posisi Pantai Tanjung Aan berada dekat dengan Pantai Kuta Lombok. Perjalanan ke Pantai Tanjung Aan dari kota Mataram akan berjalan lancar sebab jalanan beraspal dan mulus akan mengantarkan Anda dengan cepat ke tempat tujuan.

 

  1. Tanjung Beloam

tanjung beloam

Tempat wisata Lombok yang satu ini memang kurang banyak dikenal oleh banyak wisatawan. Selain itu, akses jalan menuju Tanjung Bloam juga tidak begitu baik. Jalan menuju tempat ini masih belum beraspal, juga Anda akan sering mendapatkan pemandangan gersang dan tandus di sepanjang perjalanan menuju Tanjung Bloam.

Tanjung ini berada di bagian selatan Lombok, secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Lombok Barat. Rute ke Tanjung Bloam jika ditempuh dari Kota Mataram akan memakan waktu sekitar 2.5 jam. Kekuatan Tanjung Bloam adalah panorama pantai yang indah yang adalah pula potensi utama yang dimiliki salah satu pantai Lombok ini.

 

  1. Tanjung Ringgit

tanjung ringgit

Tanjung Ringgit terletak di ujung tenggara Pulau Lombok . masuk di Wilayah Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan kendaraan Pribadi atau kendaraan sewaan, karena tidak ada angkutan umum sampai sana. Rute menuju Tanjung Ringgit yaitu Mataram – Praya – Jerowaru.

Di jalur Praya – Jerowaru nanti kita akan melewati 2 Pom Bensin di sebelah kanan. Sekitar 100 meter setelah Pom Bensin yang kedua, ada Pertigaan Jerowaru, beloklah ke kanan, ikuti saja jalur terus sampai ketemu Pasar Jor Jerowaru, dari situ beloklah ke kanan, sampai ketemu pertigaan lagi, terus belok ke kiri, ikuti jalurnya sampai ketemu pertigaan yang memisahkan jalur Tanjung Ringgit dan Pantai Surga, ambil lurus saja, karena kalau ke kanan nanti akan sampai Pantai Surga. Nanti akan ketemu pertigaan lagi, bila lurus akan sampai ke Pantai Kaliantan, dan harus belok kiri keluar dari aspal, Ikuti saja jalan itu sampai habis, kalau ada pertigaan, tetep aja lurus, kira kira ada sekitar 15 KM setelah itu barulah sampai di Tanjung Ringgit.

 

13. Desert Point

desert lombok

Inilah tempat surfing di Lombok yang patut Anda kunjungi jika ingin menikmati surfing atau kegiatan berselancar. Salah satu tempat surfing terpopuler Indonesia ini telah dinobatkan pula sebagai salah satu dari 10 tempat surfing dengan ombak terganas  versi International surfing Association.

Jika Anda tertantang untuk surfing di Desert Point, maka Anda dapat mengambil rute perjalanan dengan menaiki kapal Ferry dari Bali menuju pelabuhan Lembar di Lombok. Desert Point, masyarakat lokal menyebutnya sebagai Bangko-Bangko, adalah pantai tujuan surfing yang terletak di Barat Daya Pesisir Lombok.

 

  1. Air Terjun Sendang Gile

sendang gile

Air Terjun Sendang Gile merupakan obyek wisata yang masih satu lokasi dengan Taman Nasional Gunung Rinjani. Namun keberadaannya memang masih jarang dikunjungi. Air terjun Sendang Gile ini berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lebih tepatnya merupakan gerbang bagi para pendaki yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Rinjani.

Air terjun ini berasal dari mata air kaki Gunung Rinjani yang masih sangat bersih, alami, jernih dan tentunya menyegarkan.

Menurut cerita warga sekitar, konon nama Sendang Gile ini berasal dari ketidaksengajaan warga sekitar menemukan air terjun ini di saat melakukan pemburuan singa gila yang saat itu diceritakan kerap melakukan kekacauan di kampung-kampung tersebut dan kemudian singa tersebut lari ke dalam hutan, tepat ditemukannya air terjun ini. Sejak saat itu penduduk menyebut Singa Gila dengan kata Sengang Gile dan lambat laun pelafalan Sengang berubah menjadi Sendang dan pada akhirnya air terjun tersebut dinamakan air terjun Sendang Gile.

 

  1. Desa Poto

SONY DSC

Salah satu obyek wisata di Sumbawa adalah desa wisata Poto. Desa wisata Poto terletak di Kecamatan Moyo Hilir, sekitar 13 km dari kota Sumbawa Besar. Anda dapat mencapai Desa Poto ini dengan menggunakan jalur darat dengan kendaraan umum. Desa Poto ini masih sangat menjaga kelestarian budaya daerahnya. Anda dapat melihat pembuatan tenun Sumbawa, pembuatan gerabah, dan berbagai atraksi permainan rakyat seperti pacuan kuda dan karapan kerbau. Namun, pacuan kuda dan karapan kerbau hanya dapat Anda jumpai saat masa sehabis panen. Sebelum pulang dari desa adat ini, jangan lupa untuk membeli tenunan Sumbawa yang sangat terkenal dari Desa Poto.

 

#di ambil dari berbagai sumber

About Author

client-photo-1
amabel
Amabel Travel adalah perusahaan jasa Tour & Travel yang berpusat di Pulau Belitung. Amabel Travel menyediakan berbagai pilihan paket wisata yang ada di seluruh Indonesia. Ciptakan momen liburan indah anda bersama kami.

Comments

safirakhrnnsNo Gravatar
Agu 15, 2016
bagus nih infonya, fotonya juga keren, ada gunung rinjani nya lagi, aku copy boleh yaa.. buat tugas B.Inggris, makasih

Tinggalkan Balasan

This site is using OpenAvatar based on