15 Tempat Wisata di Yogyakarta

DIY atau daerah istimewa Yogyakarta adalah satu-satunya daerah otonom khusus di Indonesia yang masih menerapkan system kekerajaan pada pemerintahannya, di pimpin oleh raja yang bernama Sri Sultan Hamengkubuwono ke X, kota istimewa ini berkembang sangat pesat di sektor pariwisatanya, bahkan pendapatan terbesar dari propinsi ini berasal dari sektor wisata tersebut. Maka itu tidak heran jika tempat wisata yang ada di kota ini dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah setempat. Yogyakarta juga merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan asing no 2 setelah pulau dewata Bali. Berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah bagian selatan, Yogyakarta mempunyai banyak sekali tempat wisata baru yang menarik yang patut untuk dikunjungi. Mulai dari wisata sejarah, budaya serta alamnya yang tidak kalah indah dengan Propinsi lain di Indonesia.

Apa sajakah tempat wisata menarik yang ada di Yogyakarta?

Berikut ini adalah 15 tempat wisata menarik di Yogyakarta yang patut untuk kalian kunjungi.

 

  1. Candi Prambanan

PRAMBANAN

Candi Prambanan merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib untuk dikunjungi, karena Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Selain itu, Candi Prambanan juga dihiasi relief yang diukir sangat unik yang mengelilingi candi dan menceritakan kisah Ramayana dan Krishnayana. Candi Prambanan berlokasi sektiar 17 KM dari psuat kota Yogyakarta. Apabila anda tidak membawa kendaraan pribadi, untuk mencapai Candi Prambanan anda cukup menggunakan bus trans jogja dan turun di halte Prambanan, sangat mudah bukan mencapai Candi Prambanan ini?

 

  1. Istana Ratu Boko

ratuboko

Istana Ratu Boko adalah sebuah bangunan megah yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra. Istana yang awalnya bernama Abhayagiri Vihara (berarti biara di bukit yang penuh kedamaian) ini didirikan untuk tempat menyepi dan memfokuskan diri pada kehidupan spiritual. Berada di istana ini, anda bisa merasakan kedamaian sekaligus melihat pemandangan kota Yogyakarta dan Candi Prambanan dengan latar Gunung Merapi. Istana ini terletak di 196 meter di atas permukaan laut. Areal istana seluas 250.000 m2 terbagi menjadi empat, yaitu tengah, barat, tenggara, dan timur. Bagian tengah terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan, Candi Pembakaran, kolam, batu berumpak, dan Paseban. Sementara, bagian tenggara meliputi Pendopo, Balai-Balai, 3 candi, kolam, dan kompleks Keputren. Kompleks gua, Stupa Budha, dan kolam terdapat di bagian timur. Sedangkan bagian barat hanya terdiri atas perbukitan.

 

  1. Malioboro

malioboro

Malioboro merupakan nama sebuah jalan di Yogyakarta. Jalan Malioboro ini sangatlah terkenal dan sudah menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi, bahkan untuk berfoto di penanda Jalan Malioboro saja kita sering kali harus mengantri terlebih dahulu. Nama Jalan Malioboro ini berasal dari bahasa Sansekerta dan mempunyai arti karangan bunga. Jalan Malioboro menawarkan pengalaman wisata belanja dan wisata kuliner yang tak ada habisnya. Pada siang hari, di sepanjang Jalan Malioboro anda akan menemukan banyak sekali penjual pakaian, tas, sandal, gantungan kunci, kerajinan tangan, batik, aksesoris, dan barang-barang unik lainnya yang dapat dibeli dengan harga murah. Sedangkan pada malam hari, anda akan menemukan banyak sekali penjual makanan lesehan khas Yogyakarta di sepanjang Jalan Malioboro.

 

  1. Keraton Kesultanan Yogyakarta

keraton yogyakarta

Keraton Kesultanan Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang ramai dikunjungi. Keraton Yogyakarta merupakan sebuah bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yang ditinggali oleh Sultan dan keluarganya. Selain dapat menikmati arsitektur kesultanan kuno, anda juga dapat berkunjung ke museum yang mempunyai koleksi barang-barang kesultanan Yogyakarta yang sebagian merupakan hadiah dari raja Eropa. Apabila anda ingin datang mengunjungi tempat wisata ini, datanglah agak pagi karena Keraton Yogyakarta buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam 2 siang saja.

 

  1. Istana Air Taman Sari

tamansari

Istana Air Taman Sari adalah sebuah tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta pada jaman dahulu. Selain itu, Istana Air Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap musuh yang menyerang. Saat ini, Istana Air Taman Sari adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang terkenal karena keunikannya. Udara di sekitar Istana Air Taman Sari juga sejuk karena terdapat banyak kolam buatan disertai dengan kebun bunga yang berbau harum. Harga tiket masuk Istana Air Taman Sari adalah 5,000 Rupiah.

 

  1. Pantai Parangtritis

parangtritis

Pantai Parangtritis adalah pantai yang paling terkenal di Yogyakarta, sehingga Pantai Parangtritis layak disebut sebagai salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi. Berlokasi sekitar 25 KM di selatan pusat kota Yogyakarta, Pantai Parangtritis adalah pantai yang berada di tepi Samudra Hindia sehingga mempunyai karakteristik ombak dan arus yang cukup besar dan kuat. Keunikan dari Pantai Parangtritis adalah adanya bukit pasir yang disebut gumuk di sekitar pantai. Apabila anda ingin suatu pengalaman yang berbeda, anda dapat mencoba bermain paralayang di Bukit Parangndog, Pantai Parangtritis.

 

  1. Pantai Pasir Putih Pok Tunggal

pantai pok tunggal

Ada yang pernah bilang dengan nada kecewa jika kebanyakan tempat wisata di Yogyakarta terutama pantai, tidak seindah yang dibayangkan sebab berpasir abu-abu. Namun kekecewaan ini tak akan Anda temui jika sudah menjajal salah satu pantai pasir putih di Jogja ini: Pantai Pok Tunggal. Pantai Pok Tunggal letaknya memang masih tersembunyi (walaupun sekarang sudah semakin ramai pengunjung), dan untuk mencapai tempat ini Anda bisa menggunakan kendaraan menyusuri sisi timur Pantai Indrayanti. Pantai ini ikonik dengan pohon Duras yang menjadi sejarah penamaan pantai indah ini. Pohon ini memiliki pangkal pohon atau pok satu saja, sehingga muncul nama Pok Tunggal. Pemandangannya dijamin tak mengecewakan.

 

  1. Pantai Baron

pantai baron

Pantai yang berjarak sekitar 65 km dari pusat kota Jogja ini memiliki pesona panorama yang indah dan adalah tempat bagi Anda yang ingin menyantap aneka hidangan laut. Pantai Baron ini sesungguhnya adalah sebuah teluk dengan keberadaan dua buah bukit yang mengapitnya di sisi kiri dan kanannya. Daya pikat objek wisata pantai jogja yang satu ini adalah pada sajian kuliner laut yang lezat. Anda dapat mencicipi lobster, ikan kakap, bawal putih, hingga tongkol. Pantai Baron adalah juga dermaga bagi para nelayan, Anda akan menjumpai adanya pelelangan ikan di kawasan pantai ini.

 

  1. Pantai Siung

pantai siung

Pantai siung ini terletak di Kecamatan Tepus berjarak 100 km dari kota Yogyakarta menawarkan tempat pemanjatan yang menantang dan pesona pemandangan laut yang menarik. Banyak para pemanjat dari dalam maupun luar negeri berkunjung ke tempat ini untuk mencoba menaklukkan tebing yang berada di pantai Siung ini. Pantai ini cukup luas untuk melakukan berbagai macam aktivitas, mulai dari bermain pasir dan ombak, memancing dan bermain voli pantai. Kondisi pantai ini tidak terlalu ramai dan cenderung sepi sehingga sangat nyaman dan tenang untuk berlibur. Salah satu pesona yang menonjol dari pantai ini adalah batu karanganya yang berukuran raksasa di sebelah timur dan barat memiliki peran yang penting, selain untuk memperindah dan pembatas dengan pantai lain, karang tersebut menjadi dasar penamaan pantai ini.

 

  1. Gondola Pantai Timang

gondola timang

Tempat wisata unik ini akan Anda temukan di Pantai Timang. Pantai Timang ini kondisinya mirip seperti pantai-pantai selatan pada umumnya berombak besar dan bertebing curam serta berkarang-karang. Yang istimewa dari pantai ini adalah terdapatnya gondola tradisional yang terbuat dari tali dan pancang kayu yang menghubungkan dari daratan ke pulau karang di seberang pantai. Gondola ini biasa dipakai oleh para nelayan untuk mencari lobster, namun saat ini gondola tersebut sekaligus dijadikan sebagai tempat wisata menantang yang paling terkenal di Yogyakarta. Wisatawan disini akan ditantang untuk menyeberangi pulau dengan menaiki gondola yang dibawahnya terdapat jurang dengan kedalaman 10 meter dan terjangan ombak hampir 5 meter kearah kita, sangat menantang bukan?

 

  1. Gumuk Pasir Parangkusumo

parangkusumo

Gumuk Pasir Parangtritis adalah sebuah fenomena alam langka dan satu-satunya yang ada di Asia Tenggara. Gumuk pasir ini berupa bukit-bukit atau gundukan pasir seperti padang gurun yang terdapat di Timur Tengah. Pasir-pasir ini merupakan hasil aktivitas vulkanik Gunung Merapi dan Merbabu yang terbawa oleh arus Kali Opak dan Kali Progo. Pada awalnya, masyarakat sekitar tidak melihat suatu hal yang unik dari tempat ini. Namun setelah diadakan berbagai penelitian, barulah mereka sadar bahwa mereka tinggal di salah satu warisan dunia.

 

  1. Goa Jomblang

goa jomblang

Goa Jomblang adalah sebuah goa wisata yang berlokasi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa Jomblang merupakan goa vertikal yang mempunyai sebuah hutan purba di dalamnya. Selain itu, apabila anda datang ke Goa Jomblang pada jam 10 sampai dengan jam 12 siang, anda akan dapat melihat cahaya menembus goa yang sering disebut sebagai cahaya surga. Keindahan dan keunikan Goa Jomblang membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi.

 

  1. Goa Pindul

goa pindul

Bagi Anda penggemar Cave Tubing atau susur gua, maka tempat wisata di Jogja yang terbaik bisa Anda kunjungi adalah Goa Pindul. Goa Pindul adalah salah satu goa yang terbentuk dari proses batuan karst dalam waktu jutaan tahun hingga membentuk gua dan sungai bawah tanah yang sangat eksotik. Di tempat ini Anda bisa memilih, ingin menyusuri gua, atau bisa juga menikmati sungi bawah tanah berombongan dengan memakai ban dalam sebagai body rafting. Goa Pindul selalu dipadati wisatawan dan surga tersembunyi ini memang sedang naik daun. Jika tertarik, silahkan datang ke Gunung Kidul, DIY.

 

  1. Gunung Nglanggeran

nglanggeran

Gunung Nglanggeran adalah gunung api purba berbentuk bongkahan batu raksasa. Selain dapat menyaksikan sunset & sunrise yang mempesona serta gemerlap Jogja di malam hari, di Puncak Timur Nglanggeran juga terdapat misteri dusun dengan 7 kepala keluarga. Gunung Nglanggeran merupakan gunung api purba yang pernah aktif puluhan juta tahun lalu. Terletak di kawasan karst Baturagung, gunung yang litologinya tersusun oleh fragmen material vulkanik tua ini memiliki dua puncak yakni puncak barat dan puncak timur, serta sebuah kaldera ditengahnya. Saat ini Gunung Nglanggeran berupa deretan gunung batu raksasa dengan pemandangan eksotik serta bentuk dan nama yang unik dengan beragam cerita rakyat sebagai pengiringnya. Gunung-gunung tersebut biasanya dinamakan sesuai dengan bentuknya, seperti Gunung 5 Jari, Gunung Kelir, dan Gunung Wayang.

 

  1. Gunung Merapi

g merapi

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung di sekitaran Yogyakarta yang paling terkenal, bahkan gunung ini sudah terkenal sampai ke mancanegara, karena gunung ini adalah salah satu gunung paling aktif di dunia. Tapi tenang, saat ini gunung merapi masih dalam status aman untuk pendakian dan juga untuk wisata lainnya. Maka itu gunung merapi sekarang ini menjadi salah satu lokasi favorit para pecinta alam yang hobi mendaki gunung dari seluruh Indonesia. Para pendaki yang mendaki gunung Merapi ini dapat menikmati keindahan matahari terbit dari atas puncaknya. Harga tiket masuk kawasan wisata ke kawasan Gunung Merapi adalah 3,000 Rupiah per orang.

source: wralr.com

About Author

client-photo-1
amabel
Amabel Travel adalah perusahaan jasa Tour & Travel yang berpusat di Pulau Belitung. Amabel Travel menyediakan berbagai pilihan paket wisata yang ada di seluruh Indonesia. Ciptakan momen liburan indah anda bersama kami.

Comments

Tinggalkan Balasan

This site is using OpenAvatar based on