15 Tempat Wisata di Sulawesi Barat

Sulawesi Barat merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki potensi wisata alam dan budaya yang sangat kaya. Daerah yang dikenal dengan penghasil kakao ini ternyata menyimpan pesona alam dan budaya yang fantastis mulai dari pemandangan pegunungan yang asri, wisata bahari, wisata agro, wisata flora dan fauna dan yang tidak kalah menarik wisata seni dan budaya yang totalnya mencapai 172 objek wisata.

Beberapa potensi wisata yang dikembangkan di wilayah yang satu ini terdapat sangat banyak mulai dari potensi alamnya sampai dengan berbagai potensi kependudukannya sebagai budaya maupun dalam segi kuliner. Berbagai potensi wisata yang berkembang dan juga diperkenalkan sebagai destinasi wisata Sulawesi Barat diantaranya adalah dari wisata alam yang sangat indah dari pantainya, dan juga beberapa pulau yang ada disekitar wilayah tersebut

Berikut ini adalah 15 Tempat Wisata Menarik Yang Ada di Sulawesi Barat dan Wajib Untu Kalian Kunjungi

 

  1. Pantai Dato

Dato Pangalle

Berjarak 7 KM atau 15 menit menggunakan kendaraan pribadi dari kota Majene, kunjungi Wisata Alam Pantai Dato Majene. Keunikan dari pantai berpasir putih dan berkarang ini menambah keindahan pantai Dato yang terkenal berair jernih. Snorkling pun bisa dilakukan, atau sekedar memancing ikan atau menikmati sunset di balik bukit.

 

  1. Pantai Lombang Lombang

Pantai Lombang Lombang Mamuju

Tempat wisata di Sulawesi Barat berikutnya ada di Mamuju,Pantai Lombang Lombang. Berjarak 30 KM dari Mamuju, pantai ini memiliki keindahan senja hari dengan iringan debur ombak, eksotisnya pasir hitam halus dan pohon bakau. Pengunjung disuguhkan beberapa fasilitas gazebo, snorkling dan diving, serta olahraga voli pantai. Cocok bagi wisatawan yang hendak mengahabiskan liburan akhir pekan setelah penat menjalankan aktifitas.

 

  1. Pantai Manakarra

pantai-manakarra-sulbar

Anjungan Pantai Manakarra selalu ramai pengunjung baik sore maupun malam hari. Keindahan pantai dengan anjungan unik dihiasi gong perdamaian dan miniatur perahu Sandeq khas orang Mandar, membuat Pantai Manakarra menjadi salah satu tempat wisata di Sulawesi Barat teramai di jantung kota Mamuju.

 

  1. Pulau Karampuang

p karampuang

Tempat wisata di Sulawesi Barat dengan fasilitas snorkling dan diving lainnya adalah Pulau Karampuang, seberang pantai Kota Mamuju. Tidak perlu diragukan, tempat wisata di Sulawesi Barat ini terkenal dengan kejernihan air dengan terumbu karang nan eskotis dan beragam ikan kecil meliuk-liuk beraneka warna.

 

  1. Pantai Batu Raja

batu-losa-mamuju-sulbar

Pantai Batu Raja berada di Desa Bukit Samang, Kecamatan Sendana. Sangat mudah menemukan Pantai Batu Raja Apoang ini. Perjalanan menuju Majene, kabupaten di Sulawesi Barat, melalui Mamuju, biasanya akan melewati jalan raya di tepian Pantai Batu Raja Apoang. Kab Majene memiliki kontur geografis yang unik, lokasinya yang berada di bagian barat provinsi Sulawesi Barat membuat satu sisinya dibatasi sepenuhnya oleh laut, Kab. Majene punya segala alasan untuk menjadi destinasi wisata pantai yang memukau. Pantai dan laut merupakan keniscayaan di Majene

 

  1. Pantai Palippis

pelipis

Salah satu obyek wisata alam yang terletak di Polewali, Mandar Provinsi Sulawesi Barat adalah Pantai Palippis, Pantai Palippis dikenal dengan keindahan panorama alam laut yang sangat eksotis. Pantai Palippis berada di jalan poros Provinsi Sulawesi Barat, lebih tepatnya di Desa Bala Kecamatan Balanipa atau sekitar 20 Km dari ibu kota Kabupaten Polewali Mandar, tidak hanya hamparan pasir putih yang memanjang, di sepanjang pantai juga tampak keindahan alam perbukitan serta batu karang dengan tebing dan goa alam di Lawuang yang memanjang dan bersambung dengan pantai Palippis (kurang lebih sepanjang tiga kilo meter), di kawasan ini dapat juga ditemukan tebing karang yang menyerupai ngarai,  gua kelelawar yang  terletak di atas bukit yang membentang tidak jauh dari bibir pantai semakin menambah keindahan pesona Pantai Palippis.

 

  1. Pantai Labuang

pantai-labuang

selain Pantai Palippis, maka Pantai Labuang juga adalah objek wisata yang dapat anda jadikan pilihan saat berada di kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Kawasan pantai dengan tebing karang yang masih merupakan lanjutan karang di Pantai Palippis. Pantai Labuang jaraknya tak terpaut jauh dengan Pantai Palippis, hanya dipisahkan dan berada di kecamatan berbeda, Pantai Palippis berada di kecamatan Balanipa, sementara Pantai Labuang berada di kecamatan Campalagian.

 

 

  1. Pantai Mampie

pantai mampie

Kawasan Wisata Pantai Mampie mempunyai potensi sebagai perwakilan tipe ekosistem payau, memiliki satwa endemik serta mempunyai keanekaragaman burung air dan burung migran. Pantai ini langsung berhadapan dengan Selat Makassar. Di lokasi ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengumpulkan Nener (bibit Chanos chanos) dan pernah ditemukan jenis Chelonia mydas. Di sebelah timur pantai Mampie sekarang dimanfaatkan oleh masyarakat untuk Budidaya Rumput Laut.

 

  1. Pantai Lapeo

lapeo

Pantai ini dapat dituju dari arah kabupaten Polewali Mandar atau dari arah kabupaten Majene/ kabupaten Mamuju. Dari arah kab. Polman setelah kota Polewali, Anda dapat bertolak ke arah kec. Matakali, Wonomulyo, Mapilli, hingga sampai ke Campalagian, tepat di depan SMA 1 Campalagian terdapat Jl. Bolu, dari sini anda mengambil jalur lurus disepanjang Jl. Bolu hingga sampai ke pesisir. Anda akan disambut dengan tambak ikan bandeng di sisi kanan dan kiri, sampai ke wilayah dusun Babatoa, hingga berakhir di jalur utama masuk ke Pantai Lapeo, jaraknya kurang lebih 1 Km jika berjalan kaki dari jalan poros Campalagian menuju daerah pantai.

 

  1. Pantai Gonda

pantai gonda

Pantai Gonda, terletak di dusun Gonda, desa Laliko, kecamatan Campalagian, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Objek wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat ini masih terbilang baru, pertama dikenal orang-orang melalui media sosial facebook dan dipromosikan oleh sekelompok pemuda yang melihat potensi Gonda yang cerah untuk dijadikan destinasi wisata alam dan publik.

 

  1. Pulau Gusung Toraja

p gusung toraja

Pulau Gusung Toraja biasa dikenal juga dengan nama pulau Pasir Putih, adalah pulau yang terletak di antara jejeran beberapa pulau dalam kelompok pulau-pulau kecil di kecamatan Binuang, kabupaten Polewalimandar, diantara bebebrapa pulau yang ada Pulau Gusung Toraja menjadi salah satu destinasi yang menawarkan potensi sebagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

 

  1. Air Terjun Limbong Kamandang

air terjun limbong

Air Terjun Limbong Kamandang adalah objek wisata alam yang terletak  di desa Kurra, kecamatan Tapango kabupaten Polewali Mandar. Limbong Kamandang berjarak sekitar 4 km dari pusat ibukota kecamatan Tapango. Untuk menuju ke objek wisata ini rute yang dapat dilalui dari kota kabupaten Polman adalah ke arah kecamatan Wonomulyo terlebih dahulu, setelah itu berbelok ke arah kanan (jalur ke kecamatan Tapango) titik beloknya adalah tepat di sebelah tugu ayam sebelum Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum di Wonomulyo. Dari sini perjalanan akan menempuh jalur melewati desa Riso, desa Kalimbua, hingga sampai ke desa Kurra.

 

  1. Air terjun Indo Rannuang

Air Terjun Indo Rannuang 1

Berada sekira 8 kilometer dari Polewali, ibu kota Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, ada sajian panorama alam nan memesona. Itu berupa air terjun yang dinamakan Indo Rannuang dan sebuah sungai segar yang mengalir tepat di bawahnya yaitu Sungai Limbong Sitodo. Keduanya adalah pesona kecantikan alam nan alami dapat Anda temui di Desa Kunyi, Kecamatan Areapi.
Sungai Limbong Sitodo merupakan lokasi pemandian alami yang menggunakan aliran air sungai sebagai sumbernya.
Air Sungai Limbong Sitodo begitu bening dan sejuk. Di sepanjang aliran sungainya terhampar bebatuan dan pepohonan menambah lekatnya keindahan yang alami. Melihat potensi tersebut, tidak heran kemudian Pemerintah Polewali menjadikannya sebagai salah satu destinasi andalan daerah.

 

  1. Loka Anjoroi

loka anjoroi

Salah satu wisata kuliner yang perlu ada coba adalah Loka Anjoroi. Loka Anjoroi merupakan makanan khas Mandar – Sulawesi Barat. Biasanya makanan ini dihidangkan pada jam 9-10 pagi hari di acara-acara pertemuan kekeluargaan, tanpa Loka Njoroi seakan akan pertemuan kurang lengkap. Makanan khas ini juga sesuai selera Nusantara. Jadi jangan lupa ya mencicipi rasa khas makan satu ini.

 

  1. Pesta Pattuddu

pesta patudu

Pesta Pattuddu, atau lebih dikenal Sayyang Pattuddu’ (kuda menari) merupakan salah satu kegiatan suku Mandar. Sayyang Patuddu’ di sebagian wilayah di Kabupaten Polewali Mandar, Majene, dan Mamuju lazim ditampilkan untuk merayakan keberhasilan anak-anak yang khatam Al Quran. Acara khatam yang diwarnai Sayyang Pattuddu’ ini hanya dilaksanakan sekali dalam setahun, yakni setiap bulan Maulid. Biasanya acara tersebut diselenggarakan per desa/kelurahan/kecamatan dengan waktu dan jumlah peserta yang berbeda-beda.

 

 

 

#di ambil dari berbagai sumber

About Author

client-photo-1
amabel
Amabel Travel adalah perusahaan jasa Tour & Travel yang berpusat di Pulau Belitung. Amabel Travel menyediakan berbagai pilihan paket wisata yang ada di seluruh Indonesia. Ciptakan momen liburan indah anda bersama kami.

Comments

zahra muthiaNo Gravatar
Jul 24, 2016
Bagus bagus bagus
gatotNo Gravatar
Agu 8, 2016
berapa biaya ke tempat2 wisata di mamuju kalau dari jakarta..
amabelNo Gravatar
Agu 10, 2016
untuk saat ini kami belum ada open trip ke mamuju kaka :) , mungkin next bisa di buatkan :)
WardhiNo Gravatar
Mei 9, 2017
Sulbar keren

Tinggalkan Balasan

This site is using OpenAvatar based on