en +62 819-4930-5465 support@amabeltravel.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login
en +62 819-4930-5465 support@amabeltravel.com

Login

Sign Up

After creating an account, you'll be able to track your payment status, track the confirmation and you can also rate the tour after you finished the tour.
Username*
Password*
Confirm Password*
First Name*
Last Name*
Email*
Phone*
Country*
* Creating an account means you're okay with our Terms of Service and Privacy Statement.

Already a member?

Login

15 Tempat Wisata di Kalimantan Selatan

Kalimantan Selatan adalah salah satu provinsi dengan ibukotanya yaitu Banjarmasin. Propinsi ini mempunyai banyak sekali obyek wisata menarik antara lain Wisata Alam, Wisata Sejarah, Wisata Budaya, Wisata Minat Khusus, Wisata Kuliner, Wisata Olah Raga, Wisata Belanja , dari sekian banyak Obyek wisata Kalimantan Selatan ada beberapa yang sudah sangat terkenal, bahkan hingga ke mancanegara, salah satunya adalah pasar apung yang ada di Banjarmasin, pasar ini adalah 2 dari tiga pasar apung yang ada di dunia, segala macam transaksi jual-beli di lakukan di atas sampan,sungguh suatu pemandangan yang langka. selain pasar terapung tadi, masih banyak lagi tempat-tempat wisata menarik yang ada di Kalimantan Selatan yang wajib untuk kalian kunjungi. Untuk lebih jelasnya mari kita simak 15 Tempat Wisata Menarik Yang Ada di Kalimantan Selatan berikut ini

 

  1. Bukit Rimpi Pelaihari

bukit-rumpi-dan-lintang

Bukit Rimpi Pelaihari memiliki panorama pesona alam yang sangat lengkap mulai dari pemandangan cantik matahari terbit hingga rerumputan yang masih hijau asri. Bukit yang indah ini, berada di Desa Tampang, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Di Bukit Rimpi Pelaihari ini kita bisa menikmati pemandangan alam yang sempurna, ditambah lagi rerumputan yang masih hijau membuat kita nyaman berlama-lama ditempat ini. Selain itu, kita bisa merasakan angin yang berhembus kearah kita. Satu lagi, jika kalian berkunjung pada pagi hari, sobat bisa melihat matahari terbit ditempat ini.

 

2. Jembatan Barito

jembatan-barito

Jembatan Barito berfungsi untuk menghubungkan sisi timur dan sisi barat Sungai Barito. Panjang jembatan ini sekitar 1 km. Berdiri di atas Jembatan Barito dan menikmati suasana sungai merupakan pengalaman tersendiri.

 

3. Pasar Terapung Lok Baintan

 Pasar-Terapung-Muara-Kuin

Pasar Terapung Lok Baintan atau Pasar Terapung Sungai Martapura adalah sebuah pasar terapung tradisional yang berlokasi di desa Sungai Pinang (Lok Baintan), kecamatan Sungai Tabuk, Banjar. Secara umum, Pasar Terapung Lok Baintan tak beda dengan Pasar Terapung di muara Sungai Kuin/Sungai Barito. Keduanya sama-sama pasar tradisional di atas jukung yang menjual beragam dagangan, seperti hasil produksi pertanian/perkebunan dan berlangsung tidak terlalu lama, paling lama sekitar tiga hingga empat jam. Pasar terapung ini sudah ada sejak zaman Kesultanan Banjar.

 

  1. Laksado

wisata-alam-loksado

Loksado adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan yang merupakan salah satu tempat wisata andalan di Kalimantan Selatan. Untuk menuju kesini anda akan menjelajahi pegunungan meratus. Dari sini anda bisa mengunjungi Air Terjun Haratai, Air Terjun Kilat Api dan  Balanting Paring atau Bamboo Rafting menyusuri sungai amandit.

 

  1. Pantai Teluk Tamiang

pantai teluk tamiang

Pantai Teluk Tamiang adalah salah satu tempat wisata di Kalimantan yang menawarkan pantai berpasir putih dan air laut yang jernih. Lokasinya berada di Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kota Baru, Kalimantan Selatan. Untuk menuju kesini anda bisa menggunakan jalur darat dengan rute Tanjung Serdang – Lontar – Teluk Tamiang, cara lain bisa menggunakan ferry di Batu Licin.

 

  1. Air terjun panayar

air terjun panayar

Air terjun panayar, berlokasi di Desa Artain Kecamatan Aranio, berjarak kurang lebih 30 km dari kota Martapura, Kalimantan Selatan. Untuk menuju ke air terjun ini anda bisa menggunakan kendaraan bermotor kemudian dilanjutkan menggunakan kelotok.

 

  1. Kampung Sasirangan

Kain-Sasiranganl

Indonesia memiliki banyak sekali batik daerah, salah satunya batik asli Banjarmasin yang dikenal dengan batik sasirangan. Batik ini berasal dari sebuah kampung yang juga bernama Sasirangan. Di sini kamu bisa belanja berbagai macam benda berbahan batik seperti pakaian, selendang, sprei, taplak meja, dompet, tas dan lain sebagainya.

 

  1. Pasar Intan Martapura

pasar-Intan-Martapura

Martapura adalah sebuah kota di Banjarmasin yang dikenal sebagai penghasil batu permata terbesar di Indonesia. Tepatnya di Jalan Ahmad Yani, Martapura, ada sebuah pasar dengan toko penjual intan berjejeran. Nah kamu bisa memilih batu intan yang mana yang kamu suka. Kamu bisa membeli batu intan yang masih berbentuk batu atau yang sudah diolah menjadi kalung, cincin, gelang atau lainnya.

 

  1. Masjid Sabilal Muhtadin

masjid sabilal muhtadin

Mesjid dengan arsitektur menarik ini mampu menampung hingga 15.000 jamaah. Nama Sabilal Muhtadi diambil dari kitab karangan seorang ulama besar Kalimantan Selatan, Syeikh Muhammad Arsyad Al Banjary.

 

  1. Pulau Kembang

pulaukembang

Pulau ini berada di tengah Sungai Barito. Pulau Kembang menjadi habitat bagi monyet dan berbagai jenis burung. Makanya salah satu yang menjadi daya tarik pulau ini adalah keberadaan monyet-monyet ini. Mereka juga jinak dan suka bermain dengan manusia yang berkunjung.

 

  1. Masjid Sultan Suriansyah

Masjid-Sultan-Suriansyah

Mesjid ini dibangun sekitar tahun 1526-1550 sehingga menjadi mesjid tertua di Banjarmasin. Seperti namanya, mesjid ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah. Mesjid ini terletak di daerah Kuin Utara, makanya disebut juga mesjid Kuin. Lokasi mesjid Sultan Suriansyah ini tidak terlalu jauh dengan pasar terapung Kuin.

 

  1. Taman Maskot

taman maskot

Banjarmasin mempunyai dua maskot yaitu bekantan dan pohon kasturi. Nah di gerbang masuk ke taman maskot ini, kamu akan disambut oleh patung maskot bekantan seukuran badan manusia. Kemudian kamu juga ketemu dengan patung pohon kasturi yang dihinggapi monyet-monyet yang bergantung.Taman maskot terletak di pusat Kota Banjarmasin, tepatnya di kawasan jalan H. Djok Mentaya. Di dalamnya kamu bisa melihat berbagai jenis pohon seperti beringin, kasturi, mangga, kelapa gaging, kelapa sawit dan lain-lain. Kamu juga bisa menikmati beberapa tumbuhan seperti  kaktus, lidah buaya dan beberapa jenis tanaman lain dalam pot.

 

  1. Museum Wasaka

Museum Wasaka Banjarmasin

Wasaka adalah singkatan dari Waja Sampai Kaputing, motto perjuangan rakyat Kalimantan Selatan. Meseum ini berbentuk seperti rumah Banjarmasin. Di dalam meseum kamu bisa melihat koleksi foto, mesin ketik, seragam perjuangan, keris dan senjata api milik Belanda yang dirampas para pejuang. Wah, semangat 45 kembali membara nih.

 

  1. Taman Siring Sungai Martapura

Taman-Siring-Sungai-Martapura

Taman Siring Martapura paling sering dikunjungi sore hari oleh masyarakat. Di sini kamu bisa memancing atau sekedar duduk menikmati sekitaran sungai dan melihat jakung, perahu khas Banjarmasin. Seperti terlihat pada gambar di atas, hari minggu taman ini dimanfaatkan komunitas anak muda seperti anak-anak BMX, skateboard dan lainnya untuk latihan.

 

  1. Desa Pumpung

penambang-intan pumpung

Desa Pumpung masuk ke dalam wilayah Kabupaten Martapura. Desa ini merupakan penghasil intan khas Banjarmasin. Jika kamu ingin melihat proses penambangan intan yang dilakukan secara manual oleh masyarakat , datanglah ke desa ini.

 

 

#di ambil dari berbagai sumber

About the author

Amabel Travel adalah perusahaan jasa Tour & Travel yang berpusat di Pulau Belitung. Amabel Travel menyediakan berbagai pilihan paket wisata yang ada di seluruh Indonesia. Ciptakan momen liburan indah anda bersama kami.
4 Responses

Leave a Reply

This site is using OpenAvatar based on