10 Tempat Wisata di Jawa Tengah

Jawa Tengah adalah salahsatu Provinsi yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa. Karena lokasinya yang berada di tengah, provinsi ini sering kali digunakan sebagai tempat istirahat bagi orang yang melakukan perjalanan dari Jawa Barat menuju Jawa Timur atau sebaliknya. Provinsi yang merupakan pusat dari budaya Jawa ini mempunyai banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik. Mulai dari wisata sejarah, budaya, dan juga wisata alamnya yang sangat indah. Diantaranya ada Candi Borobudur, wisata Dataran Tinggi Dieng, Taman Wisata Batu Raden, Kepulauan Karimun Jawa, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Apa sajakah tempat wisata di Jawa Tengah yang patut untuk kalian kunjungi?
Berikut ini saya sajikan 10 Tempat Wisata Menarik yang ada di Jawa Tengah yang patut untuk kalian kunjungi.

 

  1. Wisata Air Panas Guci – Tegal

555dec850423bd261a8b456c

Taman Wisata air Panas Guci merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi andalan Kabupaten Tegal Jawa Tengah. Lokasi tempat wisata Guci ini berjarak sekitar 40 Km dari pusat Kota Tegal. Lokasi Pemandian air panas ini terdapat di Lereng Gunung Selamet bagian utara, yaitu Gunung Tertinggi yang ada di Jawa Tengah. Pemandian Air panas Guci ini banyak diminati oleh para wiatawan karena selain pemandangannya yang indah, air panas yang keluar di pemandian ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

 

  1. Baturaden – Purwokerto

baturaden

Tempat wisata yang terletak di Kabupaten Banyumas ini adalah salahsatu destinasi wisata yang cocok bagi keluarga.Terletak tepat di lereng selatan Gunung Slamet, salah satu tempat wisata di Jawa Tengah ini menawarkan pemandangan alam yang indah ditambah dengan hawa udara yang masih sangat sejuk. Di kawasan wisata ini pula, Anda dapat menyaksikan landscape kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan, serta sejumlah pantai berpanorama indah di Cilacap lainnya. Salah satu yang terkenal dari Baturaden adalah pemandian air panasnya yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, yaitu Pancuran Pitu.

 

  1. Dataran Tinggi Dieng – Wonosobo dan Banjarnegara

dieng

Berlokasi sekitar 30 KM dari pusat kota Wonosobo, Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan gunung api purba raksasa yang mempunyai beberapa kawah dan candi-candi Hindu kuno. Karena berada pada ketinggian 2,000 meter, Dataran Tinggi Dieng mempunyai suhu yang sangat dingin. Pada siang hari, suhu udara dapat mencapai 15 derajat Celsius dan 10 derajat Celsius pada malam harinya. Banyak sekali tempat wisata terpadu yang bisa ketemui di kawasan ini. seperti Komplek Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Warna, dan berbagai wisata gunung paling terkenal Jawa Tengah lainnya. Dataran Tinggi Dieng ini dikelola oleh dua Kabupaten sekaligus, yaiti Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

 

  1. Candi Borobudur – Magelang

borobudur

Candi Borobudur adalah tempat wisata di Jawa Tengah yang paling banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai belahan dunia. Candi Borobudur adalah candi Buddha yang paling besar di dunia sehingga mengundang minat banyak wisatawan yang tertarik dengan wisata budaya dan wisata religi. Berlokasi sekitar 40 KM di sebelah barat laut Yogyakarta, Candi Borobudur mempunyai koleksi relief Buddha yang paling lengkap di dunia. Candi Borobudur adalah model mini dari alam semesta dan dibangun pada tahun 770 Masehi sebagai tempat beribadah dan memuliakan Buddha.

 

  1. Ketep Pass – Magelang

ketep pass

Ketep Pass juga merupakan tempat wisata yang terdapat di kabupaten Magelang Jawa Tengah. Ketep Pass ini terletak di bukit Sawangan, yang terdapat di jalur Boyolali – Selo – Magelang. Ketep pass menawarkan wisata yang sangat unik. Disini pengunjung disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat bagus, yaitu pemandangan alam berupa hamparan pertanian di lereng Gunung Merbabu dan Merapi. Selain itu kita juga bisa melihat secara langsung aktifitas Gunung Merapi dari gardu pandang lengkap dengan teropong yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Di Ketep Pass kita juga bisa melihat sebuah film dokumenter mengenai aktivitas Gunung Merapi yang merupakan gunung api paling aktif di dunia.

  1. Museum Kereta Api Ambarawa – Ambarawa

museum kereta ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa berlokasi di pusat kota Ambarawa, sekitar 20 KM dari Semarang. Sebelum beralih fungsi menjadi sebuah museum, Museum Kereta Api Ambarawa dulunya merupakan sebuah stasiun kereta api yang berjaya pada masa lalu. Sesuai dengan namanya, Museum Kereta Api Ambarawa mempunyai koleksi kereta api yang unik dan lengkap di antaranya 21 kereta uap, alat telegraf morse, telepon antik, perabotan antik, dan juga bel antik. Koleksi kebanggan milik Museum Kereta Api Ambarawa adalah kereta uap bergerigi yang hanya ada 3 di seluruh dunia.

 

  1. Museum Purbakala Sangiran – Sragen

Museum-sangiran

Sangiran adalah situs arkeologi manusia purba paling lengkap di Asia dengan fasilitasnya yang mampu memberi informasi sejarah kehidupan manusia purba. Terdapat sekitar 13.809 koleksi fosil manusia purba yang dapat Anda saksikan di Sangiran ini. Oleh karenanya, Sangiran dinyatakan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia (World Heritage). Museum Purbakala Sangiran di Sragen ini memberi sumbangsih besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan di dunia, khususnya ilmu arkeologi, geologi, paleoanthropologi, dan biologi. Ada banyak pengetahuan yang dapat diperoleh dari tempat wisata di Jawa Tengah yang satu ini.

 

  1. Lawang Sewu – Semarang

lawang sewu

Bangunan kuno peninggalan Belanda yang dibangun pada 1904 ini adalah sebuah tempat wisata di Jawa Tengah yang populer. Pada awalnya, Lawang Sewu adalah kantor pusat perusahaan kereta api (trem) Belanda. Karena memiliki pintu yang banyak, jumlah lubang pintunya terhitung sebanyak 429 buah dengan daun pintu lebih dari 1.200, masyarakat Semarang menamakannya Lawang (pintu) dan Sewu (seribu), artinya seribu pintu. Tempat wisata unik di Semarang ini kerap juga dijadikan sebagai tempat pre-wedding bagi sebagian pasangan yang hendak menikah. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Lawang Sewu sebesar Rp 10 ribu per orang. Jika ingin memasuki ruangan bawah tananhya, maka Anda harus membayar Rp 30 ribu per orang.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah – Semarang

Masjid-Agung-Jawa-Tengah

Masjid Agung terbesar yang ada di Jawa Tengah ini berlokasi di kota Semarang. Masjid yang mulai dibangun pada tahun 2001 ini diresmikan pada tahun 2006 dan merupakan salah satu masjid terbesar dan termegah yang ada di Indonesia. Bangunan masjid ini sendiri merupakan gabungan dari arsitektur Islam, Romawi, dan Jawa. Fasilitas yang dimiliki Masjid Agung Jawa Tengah ini sangatlah lengkap, di antaranya ada tempat museum, studio radio, Al Quran raksasa, payung elektrik seperti yang ada di Masjidil Haram Mekah, dan lain-lain.

 

  1. Kepulauan Karimunjawa – Jepara

karimun jawa

Kepulauan Karimunjawa berlokasi di utara kota Jepara dan Semarang. Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau, yang mana hanya 5 pulau saja yang berpenghuni. Kepulauan Karimunjawa adalah salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang paling terkenal karena keindahan laut dan pantai yang ditawarkannya. Banyak sekali pantai-pantai cantik yang belum terekspose oleh dunia luar ada disini, Selain wisata pantai, Anda juga dapat bermain dengan penyu dan hiu di Kepulauan Karimunjawa. Untuk dapat berkunjung ke kawasan wisata ini, Anda harus memperhatikan jadwal kapal dengan baik, jangan sampai ketinggalan karena perharinya hanya ada 2 kali pemberangkatan dari arah Jepara yang menuju ke Kepulauan Karimun Jawa. Dengan tarif dasar rata-rata sekitar 300ibu, anda akan dibawa ke salahsatu tempat paling indah yang ada di Pulau Jawa.

 

#di ambil dari wralr.com dan berbagai sumber

About Author

client-photo-1
amabel
Amabel Travel adalah perusahaan jasa Tour & Travel yang berpusat di Pulau Belitung. Amabel Travel menyediakan berbagai pilihan paket wisata yang ada di seluruh Indonesia. Ciptakan momen liburan indah anda bersama kami.

Comments

Tinggalkan Balasan

This site is using OpenAvatar based on