10 Tempat Wisata di Jawa Barat

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di Pulau Jawa bagian barat dan beribu kota di Bandung. Nama Provinsi Jawa Barat sempat diusulkan untuk diganti menjadi “Provinsi Pasundan” oleh Soeria Kartalegawa pada tahun 1947. Nama Pasundan merujuk pada banyaknya penduduk asli yang dari Suku Sunda di Jawa Barat. Namun wacana penggantian ini mendapat penolakan terutama dari tokoh daerah di Cirebon, karena di Jawa Barat tidak hanya Suku Sunda, namun juga ada suku lainnya seperti Suku Betawi dan Cirebon.

Jawa Barat memiliki berbagai tempat wisata yang sangat indah dan sangat layak untuk dikunjungi. Lokasi Provinsi Jawa Barat dekat dengan DKI Jakarta, sehingga pada musim liburan tiba banyak warga Jakarta yang melakukan perjalanan menuju Jawa Barat untuk tujuan wisata, maka itu Jawa Barat merupakan salah satu daerah dengan jumlah wisatawan Domestik terbesar di Indonesia.

Dan berikut ini adalah 10 Tempat Wisata Yang Patut Untuk Kalian Kunjungi di Jawa Barat

  1. Kebun Raya Bogor – Bogor

kebun-raya-bogor

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang sangat terkenal bagi masyarakat Bogor dan sekitarnya, bahkan bagi mereka yang dari kota-kota lainnya. Salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang sangat populer ini memang cukup terkenal dengan koleksi aneka tanaman langka yang jumlahnya mencapai ribuan dari berbagai spesies. Ukuran koleksi tanaman yang ada di Kebun Raya Bogor inipun juga sangat bervariasi mulai dari yang kecil hingga yang berukuran raksasa. Khusus bagi warga sekitar Kota Bogor tempat ini memang telah lama menjadi salah satu objek tujuan wisata yang wajib dikunjungi di kala musim liburan

 

  1. Kebun Raya Cibodas – Cianjur

cibodas

Kebun Raya Cibodas atau Cibodas Botanical Garden adalah salah satu kebun raya tertua di Indonesia yang Terletak di Kabupaten Cianjur – Jawa Barat. Luas dari kebun raya ini hampir 80 hektar dengan topografi lapangan yang bergelombang dan berbukit-bukit menjadikan kebun raya cibodas salah satu tujuan wisata utama di kawasan Cibodas. Keindahan Kebun Raya Cibodas sudah terkenal sejak lama dan menjadi tujuan wisata domestik maupun mancanegara. Bahkan ahli fisiologi tumbuhan, Dr. F.W. Went menggambarkan keindahan Kebun Raya Cibodas sebagai salah satu sorga dunia. Bahkan ada yang menjulukinya sebagai Taman Firdaus di Asia.

  1. Gunung Padang – Cianjur

G Padang

Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Lokasinya kurang lebih 20 kilometer dari persimpangan kota kecamatan Warungkondang, dijalan antara Kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Luas kompleks utamanya kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan areal situs ini sekitar 3 ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Dari area Puncak Gunung Padang kita bisa menyaksikan ratusan tumpukan batu dengan berbagai rupa,Selain itu juga kita bisa menyaksikan panorama Gunung Gede dan Gunung Pangrango dari kejauhan.

 

  1. Ciletuh GeoPark – Sukabumi

Ciletuh-Geopark

Kawasan Ciletuh, Tamanjaya-Ciemas, Kabupaten Sukabumi dikenal sebagai salah satu dari tiga tempat di Pulau Jawa yang menyingkapkan kelompok batuan berumur paling tua di Pulau Jawa sehingga menjadikan daerah ini sangat unik dan langka secara geologi. Batuan yang tersingkap dipermukaan memperlihatkan pemandangan yang sangat eksotis, baik dari segi komposisi batuannya maupun dari segi  alamnya, sehingga menjadikan kawasan Ciletuh sangat unik dan tidak ditemukan ditempat lain. Selain melihat keindahan dari Batuan tersebut, disini kita juga bisa menyaksikan panorama laut selatan dari atas bukit Darma, dan juga beberapa Air terjun yang masih alami.

 

  1. Gunung Lembu – Purwakarta

Gunung-Lembu via @giriku

Gunung Lembu terletak di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 780 Mdpl ini dapat dicapai dengan beberapa alternatif. Jika mengambil rute keluar tol Ciganea-Purwakarta, kalian harus berbelok kanan ke arah jalan raya Sindangkasih, selanjutnya hanya mengikuti jalan dan petunjuk yang ada untuk tiba di pos pelaporan di Desa Panyindangan kecamatan Sukatani. Panorama alam yang sangat indah, menjadikan Gunung Lembu ini sangat istimewa dan wajib untuk dikunjungi. Kalian yang berhasil mencapai puncak terakhir akan dapat melihat keindahan Waduk Jatiluhur dari ketinggian. Tidak hanya itu, karena jika malam hari tiba, kalian juga bisa melihat lampu – lampu karamba yang menyala di atas waduk seperti layaknya citylight. Ketika pagi hari tiba kalian juga bisa melihat sunrise dengan latar belakang pemandangan Waduk Jatiluhur dan Gunung Parang.

 

  1. Kawah Putih – Bandung

kawah putih ciwidey

Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari Gunung Patuha yang terletak di daerah selatan kota Bandung, tidak jauh dari obyek wisata Situ Patenggang (5km), yaitu berjarak sekitar 46 kilometer dengan waktu tempuh 2,5 jam perjalanan dari pusat kota atau 35 kilometer dari ibukota Kabupaten Bandung, Soreang. Fasilitas yang tersedia di Kawah Putih inipun sudah cukup lengkap, dengan adanya area parkir, mushola, transportasi transit, pusat informasi serta adanya warung-warung makanan yang menyediakan berbagai makanan khas kota kembang. Untuk Jam buka wisata Kawah Putih dimulai pada pukul 07.00 sampai pukul 17.00, setiap harinya, dengan tarif masuk yaitu Rp.150.000 untuk mobil sampai di atas kawasan Kawah Putih, Rp.35.000 untuk motor dan Rp. 15.000 per orang.

 

  1. FarmHouse – Lembang

Bandung-Farmhouse

Farmhouse Lembang adalah sebuah area rekreasi baru yang menarik untuk di kunjungi bersama pacar, teman maupun keluarga. Apalagi saat liburan akhir pekan, tentu kebersamaan akan semakin menyenangkan dengan menikmati liburan di alam terbuka. Farmhouse Lembang menyajikan miniatur pemandangan alam pedesaan, dengan suasana sedikit terkesan seperti di salah satu lingkungan eropa, Disini para pengunjung juga dapat mengambil gambar air terjun ini sebagai latar belakang yang cukup menarik. Farmhouse Lembang ini terletak di Jl. raya Lembang no 108 Cihideung, jalur ini mudah dijangkau baik oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Dan untuk memasuki lokasi wisata Farmhouse ini, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 20.000,-/orang. Tiket ini dapat di tukar dengan segelas susu atau sosis bakar.

 

  1. Gunung Papandayan – Garut

papandayan

Wisata Gunung Papandayan Garut merupakan salah satu wisata alam favorit di kabupaten Garutt. Komplek wisata Papandayan menawarkan keindahan alami berupa area kawah bekas letusan Gunung api yang luas, area hutan mati bekas letusan, dan juga padang edelweiss Tegal Alun yang sangat luas. Ketinggian dari Gunung Papandayan ini mencapai 2665 Meter dpl, dan termasuk kedalam kategori mudah untuk pendakian atau hiking. Letak Gunung Papandayan ini berada di kecamatan Cisurupan Garut. Bagi yang menginginkan ketenangan sekaligus tantangan, ada bisa untuk mencoba mendaki Gunung Papandayan ini.

 

  1. Green Canyon – Ciamis

green canton

Green Canyon atau lebih dikenal sebagai Cukang Taneuh oleh warga sekitar, berlokasi di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Kurang lebih 31 km dari Kota Pangandaran. Asal muasal nama Green Canyon sendiri adalah dari seorang turis Perancis yang datang pada tahun 1993. Hal ini dikarenakan airnya yang jernih kehijauan dari sungai dan lumut hijau berlimpah di sisi tebing yang membuatnya populer dengan nama Green Canyon. Dengan keindahan yang ditawarkan oleh Green Canyon, Anda pasti takjub. Jadi jangan lupa untuk menyiapkan kamera selama perjalanan menyusuri sungai. Bidiklah objek-objek indah yang sayang untuk dilewatkan. Jangan lupa siapkan pembungkus kamera anti air karena di sini nanti Anda akan banyak berinteraksi dengan air.

 

  1. Wisata Pangandaran – Kab.Pangandaran

pantai-pangandaran

Kalau berbicara tentang Pangandaran, pasti kata pertama yang muncul di pikiran kita adalah pantainya. Pandangaran memang sudah dikenal dengan wisata pantainya, tidak hanya oleh masyarakat Indonesia, tapi juga mancanegara. Memang, pantai-pantai di Pangandaran memiliki panorama yang cantik dan menarik. Tapi apakah tujuan wisata di Pangandaran hanya pantai saja? Ternyata tidak. Di kawasan Pangandaran juga banyak sekali wisata lain yang cukup menarik untuk kalian kunjungi, diantaranya ada Pantai Batu Hiu, Curug Bojong, Desa Wisata Selasari, Patai Batu Karas, dan Cukang Taneuh atau Green Canyon di atas.

 

#di ambil dari wralr.com dan berbagai sumber

About Author

client-photo-1
amabel
Amabel Travel adalah perusahaan jasa Tour & Travel yang berpusat di Pulau Belitung. Amabel Travel menyediakan berbagai pilihan paket wisata yang ada di seluruh Indonesia. Ciptakan momen liburan indah anda bersama kami.

Comments

Tinggalkan Balasan

This site is using OpenAvatar based on